ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA ANAK USIA 4-5

  • Nia Kurniasih Pendidikan Guru pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten
Keywords: model Make a math; kemampuan kognif; mengenal angka

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian studi literatur yang bertujuan untuk mengetahui  peningkatan kemampuan mengenal angka setelah diterapkan model pembelajaran make a match,objek penelitian ini adalah jurnal nasional, artikel dan buku-buku terkait, teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah analisis kualitatif deskriftif. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan menggunakan model pembelajaran make a match, rata-rata persentase perkembangan kognitif mengenal angka melalui model make a match peneliti mendapatkan hasil peningkatan dari tiga sumber jurnal setelah diakumulasi yaitu dari sebelumnya 44,45% sesudah menggunakan model pembelajaran make a match menjadi 85,37%, dengan nilai rata-rata peningkatan 35, 25 %, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a macth dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka.

Published
2020-01-27