MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI GERAK DAN LAGU “BERNYANYI DENGAN RIANG”

  • Alvan Hazhari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Keywords: Gerak dan lagu, Kemampuan Motorik Kasar

Abstract

Pendidikan diperlukan bagai anak usia dini untuk mengembangkan semua aspek perkembangan anak melalui desain pembelajaran yang menyenangkan bagi anak. Pendidikan anak usia dini merupakan pondasi dasar pendidikan, yang memiliki peranan penting dalam mengembangkan kemampuan dasar dan meningkatkan potensi kecerdasan anak yang akan mempengaruhi pendidikan di tingkat selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini melalui gerak dan lagu “Bernyanyi dengan Riang”. Peneltian ini adalah penelitian kepustakaan ( Library Research), Pengumpulan data peneliti menggunakan paper dan journal ilmiah, skripsi dan buku. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti baik jurnal maupun skripsi menunjukan adanya peningkatan kemampuan motorik kasar dengan menggunakan gerak dan lagu, artinya terdapat peningkatan motorik kasar pada anak usia dini dengan menggunakan gerak dan lagu “bernyanyi dengan riang”. Karena dengan gerak dan lagu peserta didik merasa senang dan bahagia serta dapat mengingat pesan moral, pesan agama, dan gerakan-gerakan yang diajarkan.

Published
2020-01-27