PENGGUNAAN KERTAS ORIGAMI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING BERPOLA KELOMPOK B TK EL-IZDIHAR-RAJEG

  • Nia Kurniasih Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten
  • Ahmad Yanuar Syauki Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten
  • Ana Lisnia Sekolah TK El-Izdihar Rajeg
Keywords: Kertas origami, Motorik Halus, Menggunting Berpola

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dengan menggunakan media kertas origami melalui kegiatan menggunting berpola kelompok B di TK El-Izdihar Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B di TK El-Izdihar Rajeg yang berjumlah 10 anak. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Peningkataan kemampuan motorik halus yang dikatakan berhasil apabila persentase kemampuan motorik halus anak mencapai 80% dengan kriteria baik atau sangat meningkat. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II pencapaian kriteria baik dengan nilai presentase keterampilan motorik halus sebesar 90%.

Published
2021-01-21