EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA STICK POUCH (KANTONG STIK) SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 ANAK TK

  • Larasati Nur Indah Prawesti Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten
  • Mustika Dewi Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Keywords: kantong stik, Kognitif, Konsep Bilangan

Abstract

Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berupa media stick pouch (kantong stik) agar anak mampu dengan mudah mengenal angka 1-10 dengan benar. Penelitian yang peneliti lakukan ini berupa penelitian studi literature atau studi kepustakaan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan dari berbagai sumber yang berhasil dihimpun oleh peneliti, dapat dilihat bahwa penggunaan media kantong stik untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bilangan 1-10 meningkatkan secara signifikan, yaitu dari 37.69% sebelum menggunakan media stik angka dengan kantong stik tersebut naik menjadi 60.45% setelah menggunakan media stik angka dengan kantong stik, dan naik lagi menjadi 86.23% pada siklus terakhir, sehingga terjadi peningkatan sebesar rata-rata 61.46%.

 

Published
2021-01-21