STUDI LITERATUR PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK

  • Maya Sih Hika Pamungkas Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten
  • Marini Magdalena Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten
  • Siti Zaenab SMK Insan Aqilah 2
Keywords: Flashcard, Bahasa, Mengenal Huruf

Abstract

Pengenalan huruf pada anak usia dini harus menggunakan metode
yang baik dan menggunakan cara-cara yang menarik agar anak dapat betul-betul memahami huruf dengan baik dan benar, oleh sebab itu pengembangan yang paling tepat untuk merangsang perkembangan pengenalan huruf harus menstimulus anak dengan benar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu digunakannya media yang dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf terhadap anak usia dini. Salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut adalah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berupa media Flashcard agar anak mampu dengan mudah mengenal huruf dengan benar. Penelitian yang peneliti lakukan ini berupa penelitian studi literature atau studi kepustakaan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan dari berbagai sumber yang berhasil dihimpun oleh peneliti, dapat dilihat bahwa penggunaan media Flashcard untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak dalam mengenal huruf meningkat secara signifikan, yaitu Potensi Media FlashCard terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini telah memberikan dampak yang sangat signifikan, sangat efektif diterapkan pada anak usia dini, karena memberikan ruang bagi anak usia dini untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran di kelas.

Published
2021-09-21