Studi Literatur Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasi Belajar Peserta Didik

  • Ahmad Yanuar Syauki Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten
  • Hasrul Muftahid Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten
  • Sarah Fauziah Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar Peserta Didik

Abstract

Project Based Learning adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Siswa dituntut menyelesaikan masalah yang ada di sekitarnya secara mandiri dalam bentuk produk nyata yang bermanfaat. Pembelajaran ini berasumsi bahwa siswa belajar mengonstruksi konsep melalui pengalaman hidupnya sendiri dan bukan menghafal konsep. Pelaksanaan pembelajaran Project Based Learning senantiasa dikaitkan dengan konteks kehidupan siswa yang bertujuan agar siswa dapat menerapkan isi atau materi mata pelajaran untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka atau studi literature dengan mengambil bahan dari lima jurnal yang memiliki focus penilitian yang sama, yaitu pembelajaran Project Based Learning dan Hasil Belajar.

Published
2020-09-21