Studi Literatur Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Tentang Analisis Penggunaan Media Google Classroom Terhadap Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid 19 Pada Mata Pelajaran PPkn
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Media Google Classroom Terhadap Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid 19 Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X. Jenis penelitian ini adalah studi literatur atau studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan dokumentasi.Hasil Penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa Ternyata penggunaan media google Classroom dalam kegiatan belajar mengajar Secara daring lebih diminati siswa, aplikasi google classroom merupakan media pembelajaran yang sangat fleksibel tempat maupun waktu. Penggunaan aplikasi google classroom juga efektif dalam meningkatkan minat belajar, dan salah satu proses pembelajaran modern yang sangat mendukung dan memberikan wawasan baru bagi para pendidik dan peserta didik. Terbukti dari 7 sumber primer yang diteliti, 5 sumber menyatakan Media google classroom berpengaruh terhadap minat belajar siswa dimasa pandemi covid 19, dan 2 sumber menyatakan peningkatan minat belajar siswa juga di pengaruhi oleh keprofesionalime guru dalam mengunakan media dan metode belajar serta menyesuaikan dengan sistem pembelajaran jarak jauh yang terjadi pada saat ini pada dunia pendidikan di Indonesia. Minat belajar peserta didik dalam belajar bidang studi PPKn memiliki pengaruh dengan belajar mandiri yang dimiliki peserta didik.