Analisis Pengaruh Metode Kooperatif Learning Tipe Stad Student Teams Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn
Abstract
Belajar adalah perubahan yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Metode Kooperatif Learning Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Data diperoleh melalui teknik dokumentasi jurnal-jurnal diambil melalui google scholar, kemudian jurnal dipilih yang relevan dengan tujuan penelitian. Data yang diperoleh dianalisis melalui tiga tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data atau klasifikasi, penyajian data atau analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis terhadap jurnal-jurnal yang relevan sebanyak 5 jurnal terdapat 5 jurnal mendapatkan hasil hipotesis alternatif diterima. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh Metode Kooperatif Learning Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn.