CITIZEN VOICE: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan https://jurnal.ubest.ac.id/index.php/citizen-voice <p style="text-align: justify;"><strong>Citizen Voice: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan</strong> adalah Jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan, Universitas Bestari. <strong>Citizen Voice: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan</strong> sebagai wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa dalam menulis kajian-kajian bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal ini mempunyai nomor&nbsp;<strong>P-ISSN 2775-6637 </strong>dan&nbsp;<strong>E-ISSN 2776-2149</strong>, bersifat Open Acces dan dapat diunduh secara gratis.</p> en-US Thu, 07 Apr 2022 12:52:56 +0700 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Studi Literatur Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasi Belajar Peserta Didik https://jurnal.ubest.ac.id/index.php/citizen-voice/article/view/275 <p><em>Project Based Learning</em> adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Siswa dituntut menyelesaikan masalah yang ada di sekitarnya secara mandiri dalam bentuk produk nyata yang bermanfaat. Pembelajaran ini berasumsi bahwa siswa belajar mengonstruksi konsep melalui pengalaman hidupnya sendiri dan bukan menghafal konsep. Pelaksanaan pembelajaran <em>Project Based Learning</em> senantiasa dikaitkan dengan konteks kehidupan siswa yang bertujuan agar siswa dapat menerapkan isi atau materi mata pelajaran untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Project Based Learning</em> terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka atau studi literature dengan mengambil bahan dari lima jurnal yang memiliki focus penilitian yang sama, yaitu pembelajaran <em>Project Based Learning</em> dan Hasil Belajar.</p> Ahmad Yanuar Syauki, Hasrul Muftahid, Sarah Fauziah Copyright (c) https://jurnal.ubest.ac.id/index.php/citizen-voice/article/view/275 Mon, 21 Sep 2020 00:00:00 +0700 Studi Literatur Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Tentang Analisis Penggunaan Media Google Classroom Terhadap Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid 19 Pada Mata Pelajaran PPkn https://jurnal.ubest.ac.id/index.php/citizen-voice/article/view/281 <p>Tujuan&nbsp; penelitian&nbsp; ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Media <em>Google Classroom</em> Terhadap Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi <em>Covid 19</em>&nbsp; Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X. Jenis penelitian ini adalah studi literatur atau studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan dokumentasi.Hasil Penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa Ternyata penggunaan media <em>google Classroom </em>dalam kegiatan belajar mengajar Secara daring lebih diminati siswa, aplikasi <em>google classroom</em> merupakan media pembelajaran yang sangat fleksibel tempat maupun waktu. Penggunaan aplikasi <em>google classroom</em> juga efektif dalam meningkatkan minat belajar, dan salah satu proses pembelajaran modern yang sangat mendukung dan memberikan wawasan baru bagi para pendidik dan peserta didik. Terbukti dari 7 sumber primer yang diteliti, 5 sumber menyatakan Media <em>google classroom</em> berpengaruh terhadap minat belajar siswa dimasa pandemi <em>covid 19, </em>dan 2 sumber menyatakan peningkatan minat belajar siswa juga di pengaruhi oleh <em>keprofesionalime</em> guru dalam mengunakan media dan metode belajar serta menyesuaikan dengan sistem pembelajaran jarak jauh yang terjadi pada saat ini pada dunia pendidikan di Indonesia. Minat belajar peserta didik dalam belajar bidang studi PPKn memiliki pengaruh dengan belajar mandiri yang dimiliki peserta didik.</p> Yulianah, Fatmawati, Dedi Junaedi Copyright (c) https://jurnal.ubest.ac.id/index.php/citizen-voice/article/view/281 Mon, 21 Sep 2020 00:00:00 +0700 Analisis Pengaruh Metode Kooperatif Learning Tipe Stad Student Teams Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn https://jurnal.ubest.ac.id/index.php/citizen-voice/article/view/282 <p>Belajar adalah perubahan yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Metode Kooperatif Learning Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Data diperoleh melalui teknik dokumentasi jurnal-jurnal diambil melalui google scholar, kemudian jurnal dipilih yang relevan dengan tujuan penelitian. Data yang diperoleh dianalisis melalui tiga tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data atau klasifikasi, penyajian data atau analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis terhadap jurnal-jurnal yang relevan sebanyak 5 jurnal terdapat 5 jurnal mendapatkan hasil hipotesis alternatif diterima. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh Metode Kooperatif Learning Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn.</p> Suarifqi Diantama, Suryadi, Asmani Copyright (c) https://jurnal.ubest.ac.id/index.php/citizen-voice/article/view/282 Mon, 21 Sep 2020 00:00:00 +0700 Penerapan Media Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn https://jurnal.ubest.ac.id/index.php/citizen-voice/article/view/283 <p>Penelitian ini dilatar belakangi banyak media yang dapat digunakan dalam, salah satunya adalah <em>YouTube</em>. <em>YouTube</em> merupakan tempat berbagi video yang menggunakan akses jaringan.Penelitian ini membahas tentang Penerapan Media <em>YouTube</em> pada pembelajaran Pkn diharapkan Untuk Hasil Belajar dan memahami materi yang diajarkan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif dengan jenis penelitian literatur. Penelitian ini untuk:((1) meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn, (2). mendeskripsikan respon&nbsp; pembelajaran Pkn, Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah :(1) Bagaimana penerapan <em>Youtube</em> pada pembelajaran Pkn (2). Apakah media <em>YouTube</em> dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Hasil penelitian menunjukkan belajar melalui pembelajaran media <em>Youtube</em> siswa dalam pembelajaran PKn pada saat penerapan media <em>YouTube</em>.. Rata-rata persentase peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunkan media pembelajaran <em>YouTube</em> mulai dari yang terendah 0,15% sampai dengan yang tertinggi 20,61% dengan rata-rata 74,35%. Rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan media <em>YouTube</em> sebelum menggunakan <em>YouTube</em> yaitu 70,80% dan sesudah menggunakan <em>YouTube</em> meningkat menjadi 77,90%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajara dengan menggunakan media <em>YouTube</em> dapat meningkatkan hasil belaja&nbsp;</p> Yoga Adi Pratama, Hasrul Muftahid, Suhendrik Copyright (c) https://jurnal.ubest.ac.id/index.php/citizen-voice/article/view/283 Mon, 21 Sep 2020 00:00:00 +0700 Studi Literatur Peningkatan Metode Door To Door Terhadap Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid 19 https://jurnal.ubest.ac.id/index.php/citizen-voice/article/view/284 <p>Penelitian ini di latar belakangi Penerapan Pembelajaran Daring di masa Pandemi covid 19 kurang efektif dan menimbulkan berbagai masalah seperti pada waktu dan fasilitas anak dalam belajar. Dengan demikian penggunaan metode <em>door to door</em> dianggap sangat membantu dalam menangani peningkatan minat pembelajaran di masa pandemi seperti ini. Tujuan penelian ini yaitu Untuk mengetahui bagaimana metode <em>door to door</em> terhadap peningkatan minat belajar siswa dimasa pandemi <em>covid</em> 19. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan Literatur yang bersifat kualitatif deskriptif. Hasil penelitian di dapat dari satu data primer dan tujuh data sekunder menunjukan bahwa metode <em>door to door</em> ini berjalan dengan baik dan sangat meningkatkan minat belajar siswa, maka metode belajar dengan sistem dari rumah ke rumah atau metode <em>door to door</em> ini&nbsp; membuat anak-anak dalam hal pendidikan tetap terlayani dengan baik ditengah kondisi pandemi <em>Covid-19</em> dan berguna untuk membantu meningkatkan minat belajar anak. Simpulan Menggunakan metode <em>door to door</em> ini sangat baik dan efektif dalam meningkatkan minat belajar pada siswa serta pemahaman siswa dalam menerima pembelajaran lebih mudah diserap dan dipahami oleh siswa dalam metode pembelajaran ini.</p> Hasrul Muftahid, Fatmawati, Meita Fitriyanti Asmita Copyright (c) https://jurnal.ubest.ac.id/index.php/citizen-voice/article/view/284 Mon, 21 Sep 2020 00:00:00 +0700