PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS

  • Nooura Chusna Saputri Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten
Keywords: Numbered Head Together (NHT), Motivasi Belajar, IPS

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS dikarenakan kurangnya inovasi guru dalam memilih model pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap motivasi belajar IPS. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan analisis studiĀ  literatur yang pengambilan data nya diambil dari sumber primer dan sumber sekunder. Data primer yang merupakan analisis dari buku yang berkaitan dengan variabel x dan y. Data sekunder yang diambil dari skripsi, dan jurnal. Berdasarkan hasil analisis data primer dan data sekunder maka diperoleh bahwa pembelajaran yang diterapkan dengan model numbered head together (NHT) berpengaruh terhadap motivasi belajar IPS. Sedangkan, pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran konvensional motivasi belajarĀ  lebih rendah. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap motivasiĀ  Belajar IPS.

Published
2022-03-21