PENINGKATAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI SISTEM TATA SURYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa dengan menggunakan metode Project Based Learning pada materi Sistem Tata Surya di Kelas VI UPT SDN Buahgede 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi dengan alat pengumpulan data berupa lembar tes kreativitas dan lembar observasi kreativitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil tes pada siklus I dengan rata-rata nilai 50.3% dengan jumlah siswa yang tuntas 5 orang (25%) dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 66.3% dengan jumlah siswa yang tuntas 16 orang (80%) sehingga dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan 11 orang (55%). Adapun hasil observasi terhadap kepribadian kreativitas siswa dari siklus I diperoleh persentase rata-rata 50.6% dan pada siklus II menjadi 69%. Dengan demikian dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 18.4% dari kriteria cukup menjadi kriteria baik. Penelitian ini disudahi pada siklus II karena indikator keberhasilan telah tercapai dan memenuhi kriteria ketuntasan sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui metode pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dapat meningkatkan kreativitas pada materi sistem tata surya di kelas VI UPT SDN Buahgede 1.