PENGARUH METODE LATIHAN BERPASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PUKULAN LOB BULUTANGKIS SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH ( MTS ) ASHHABUL MAIMANAH CIKOBAK
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode latihan berpasangan terhadap kemampuan pukulan lob bulutangkis siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ashhabul Maimanah Cikobak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yaitu penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan melalui uji hipotessis bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara latihan berpasangan terhadap pukulan lob bulutangkis dibuktikan dengan hasil uji-t dan diperoleh Thitung = 7,533 dengan nilai signifikansi 0,05. Hasil perhitungan ini dikonsultasikan dengan Ttabel dengan dk pembilang = 1 (b-1) dan dk penyebut (kb(n-1)), dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh Ttabel = 4,44, sehingga Thitung > Ttabel atau 7,533 > 4,44 dengan taraf signifikansi 0,05. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode latihan berpasangan terhadap kemampuan pukulan lob bulutangkis siswa kelas vii madrasah tsanawiyah (mts) ashhabul maimanah cikobak.
Kata kunci: Latihan Berpasangan, Pukulan Lob, Bulutangkis