STUDI LITERATUR PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI
Abstract
Abstrak
Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu: 1) Kurangnya keterampilan siswi saat melakukan passing bawah dalam permaianan bola voli. 2) Siswa masih mengalami kesulitan dalam penguasaan teknik pasing bawah. 3) Keterampilan siswa dalam melakukan pasing bawah masih kurang optimal. 4) Sarana dan prasarana yang kurang memadai mengakibatkan proses belajar siswa/i tidak berjalan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Reciprocal Terhadap Peningkatan Pembelajaran Passing Bawah Siswa Kelas V di SDN. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan studi literatur yang dimana menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian dari kelima jurnal menunjukan yang terendah T tabel = 2, 05 < T hitung = 4,450. Dan yang tertinggi dengan T tabel = 2.101 < T hitung = 7,12. Dan rata-rata uji T tabelnya yaitu sebesar 2, 05 dan rata-rata T hitungnya adalah 4,450 maka dapat disimpulkan bahwa hasil peningkatannya adalah meningkat. Dari hasil analisis kelima data diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran model reciprocal terhadap keterampilan passing bawah bola voli .
Kata kunci : Model Pembelajaran reciprocal, pasing bawah bola voli mini