PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IX SMP PGRI 3 LARANGAN

  • Chairunnisa Ayuningtyas Mahasiswa, STKIP Banten
  • Ahmad Yanuar Syauki Dosen, STKIP Banten
Keywords: Metode Diskusi, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX di SMP PGRI 3 Larangan Kecamatan Larangan Kota Tangerang. Metode penelitian ini menggunakan Metode Kuantitatif dengan Disain Quasi Eksperiment berjenis Non Equivalent.  Sampel yang digunakan adalah sampel penuh dan instrumen yang digunakan  adalah berupa soal pre-test dan post-test yang dibuat sendiri oleh peneliti untuk mendapatkan data variabel X dan variabel Y berupa hasil belajar. Uji persyaratan Analisis Data untuk kedua variabel digunakan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Dari hasil pengujian  normalitas variabel X dan Y disimpulkan bahwa kedua variabel tersebut berdistribusi normal dan dari pengujian Homogenitas disimpulkan kedua variabel tersebut memiliki varians yang sama. Analisis Data menggunakan rumus product Moment menunjukkan hipotesis diterima. Uji Keberartian Korelasi menggunakan Uji-t dengan kesimpulan bahwa korelasi kedua variabel terdapat pengaruh. Selain itu berdasarkan hasil penelitian juga terbukti adanya pengaruh antara metode diskusi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn, dimana terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X dan Y dengan kontribusi sebesar 95%, bahwa variabel X mempengaruhi variabel Y dan sisanya 5% dipengaruhi oleh faktor lain.

Published
2014-06-02