UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN METODE BERMAIN SOSIAL PADA SISWA KELAS II DI SD NEGERI V CIPUTAT KOTA TANGERANG SELATAN

  • Lisa Ervani Mahasiswa, STKIP Banten
  • Rosdiana Emi Yulia Dosen, STKIP Banten
Keywords: Meningkatkan hasil belajar,Metode bermain social

Abstract

Penelitian ini berawal dari latar belakang masalah rendahnya hasil belajar PPKn yang dicapai siswa, ada beberapa faktor penyebabnya, di antaranya: kurangnya minat belalar siswa, kurangnya motivasi belajar, kurangnya perhatian orang tua siswa, kurangnya fasilitas yang memadai, kurangnya variasi dalam aplikasi metode pembelajaran yang efektif pada mata mata pelajaran PKn, sehingga siswa menjadi jenuh dan timbul kebosanan untuk mempelajari materi ini dengan sungguh-sungguh tumbuh dari kesadaran dirinya untuk dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri V Ciputat Kota Tangerang Selatan pada siswa kelas II. Variabel yang dipilih adalah metode bermain sosial sebagai variabel bebas dan hasil belajar PKn siswa sebagai variabel terikatnya dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas

Published
2014-06-02