HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII (TUJUH) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 3 TANGERANG

  • Muhammad Firmansyah Mahasiswa, STKIP Banten
  • Rosdiana Emi Yulia Dosen, STKIP Banten
Keywords: Kreativitas Guru, Hasil Belajar

Abstract

Kreativitas guru adalah kemampuan  seseorang  guru untuk melahirkan  sesuatu  yang baru  maupun  mengembangkan  hal-hal  yang  sudah  ada  untuk  memberikan sejumlah pengetahuan kepada anak didik di sekolah. Sedangkan hasil belajar adalah hasil yang dicapai setelah seseorang mengadakan suatu kegiatan belajar yang terbentuk dalam bentuk suatu nilai hasil belajar yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan  untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan kreativitas guru sebagai variabel bebas dengan hasil belajar variabel terikat. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Tangerang, dari bulan September 2010 sampai dengan bulan Januari 2011. Metode penelitian  yang  di gunakan  adalah metode deskriptif kuantitatif dengan studi korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas VII yang berjumlah 204 orang dengan jumlah sampel sebanyak 135 responden. Teknik analisis data dengan memberikan angket responden dengan skala Likert, yang kemudian diberi skor pada setiap jawaban untuk variabel X. Untuk hasil belajar  sebagai variabel Y diambil dari nilai raport semester I kelas VII tahun 2010/2011. Pengujian hipotesis dilakukan dengan korelasi product moment. Dari hasil penelitian diperoleh r hitung sebesar 0,4294 dan r tabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 0,174 sehingga didapat r hitung lebih besar dari r tabel (0,4294 > 0,174) yang berarti ada hubungan yang positif antara kedua variabel. Dan selanjutnya dilakukan pengujian keberartian koefisien korelasi, dimana didapat t hitung lebih besar dari t tabel (5,5436 > 1,645) yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Dalam hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 18,44 %, dengan demikian besarnya pengaruh kreativitas guru dengan hasil belajar sebsesar 18,44 %. Maka penelitian ini dapat di simpulkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara kreativitas guru dengan hasil belajar siswa kelas VII (tujuh) pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Tangerang.

Published
2014-06-02