HUBUNGAN LINGKUNGAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR PKN KELAS IV SEKOLAH MADRASAH IBTIDAIYAH AL MUNAWATUL KHAERIYAH JAKARTA

  • Ahmad Yanuar Syauki Universitas Bestari
  • Rusdi Universitas Bestari
  • Febi Universitas Bestari
Keywords: Lingkungan Kelas dan Hasil Belajar.

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui Hubungan Lingkungan Kelas Dengan Hasil Belajar PKN Kelas IV Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al Munawatul Khaeriyah Jakarta. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif yakni korelasi yang bersifat kausal (sebab-akibat) dengan tujuan untuk mengetahui hubungan yang ada di dalam variabel tersebut. Dalam penelitian ini jumlah Sample (N) sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan untuk menentukan jumlah sampel di kelas IV adalah menggunakan rumus Slovin. Hasil perhitungan nilai koefisien korelasi (r) adalah 0.98 dan masuk kriteria “sangat kuat”, dari nilai r ini menunjukan bahwa ada hubungan yang kuat antara Lingkungan Kelas Dengan Hasil Belajar PKN Kelas IV Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al Munawatul Khaeriyah Jakarta.

Kata Kunci : Lingkungan Kelas dan Hasil Belajar.

Published
2025-03-24