HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR PKN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUAWANATUL KHAERIYAH
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar PKn dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Muawanatul Khaeriyah Krendang Jakarta Barat Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei dengan jenis penelitian korelasional dengan menggunakan variabel bebas (independent variables) dan variabel terikat (dependent variable). Dalam penelitian ini jumlah Sample (N) sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan untuk menentukan jumlah sampel di kelas V adalah menggunakan rumus Slovin. Hasil perhitungan nilai koefisien korelasi (r) adalah 0.680 dan masuk kriteria “kuat”, dari nilai r ini menunjukan bahwa ada hubungan yang kuat antara Motivasi Belajar PKn Dengan Hasil Belajar Siswa di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Muawanatul Khaeriyah Krendang Jakarta Barat.
Kata Kunci : Motivasi dan Hasil Belajar.